Buah Pisang Emang Manis, Jadilah Bermanfaat Seperti Pohon Pisang Yang Lebat Buahnya

SejatinyaJomblo - Buah pisang yang berasal dari pohon tunasnya kemudian tumbuh berkembang memberikan banyak manfaat bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi yang indah ini. Karena buah pisang manjadikan salah satu buah yang banyak di konsumsi di dunia sebagai alasan yang baik untuk hidup sehat. Buah pisang memang unik, bentuk dari keunikan yang melengkung berwarna kuning ketika hendak masak buahnya siap untuk disantap telah memiliki segudang manfaat nutrisi dan gizinya. Tahukah kamu setidaknya disekitar 107 negara dan menempati peringkat ke-4 didunia pohon pisang sebagai tanaman pangan yang di nilai secara moneter.

Buah Pisang Emang Manis, Jadilah Bermanfaat Seperti Pohon Pisang Yang Lebat Buahnya


Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi cukup 2 buah pisang saja emang manis dapat membantu mendukung energi yang cukup dalam kurun waktu 90 menit. Tak lagi heran, buah pisang menjadi salah satu makanan utama atau wajib para atlet dunia. Tetapi bukan hanya energi yang dapat dihasilkan oleh pisang, pisang juga membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan lain. Buah pisang memiliki daging buah dengan tekstur yang sangat lembut dan mudah dikonsumsi oleh manusia di semua usia. Mulai dari usia anak-anak hingga usia dewasa, mungkin kamu adalah salah satunya yang sangat suka mengonsumsi buah pisang.


Buah Pisang Emang Manis, Jadilah Bermanfaat Seperti Pohon Pisang Yang Lebat Buahnya. Karena buah dibandingkan dengan buah apel, pisang memiliki 4 kali protein lebih banyak, dua kali karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali vitamin A dan zat besi, dan mineral lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Oleh karena itu, pada pembahasan selanjutnya akan kita ketahui bersama apa saja kandungan nutrisi serta manfaat dari buah pisang yang baik untuk kesehatan. Apa sajakah buah-buahan yang disebutkan dalam Al Quran? , Allah menyebutkan pisang adalah salah satu buah para penghuni surga. 

Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri,dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)” (QS. Al-Waqiah 56:20:27-29)


Buah pisang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup sangat banyak berikut ini:

Satu buah pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral :
  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg

Asupan pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manurunkan tekanan darah, US Food and Drug Administration, telah melakukan klaim buah pisang ini mampu menurunkan tekanan darah dan risiko stroke. Tingginya zat besi pada pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mengatasi anemia. Kalium yang ada pada pisang sangat tinggi namun rendah garam, sehingga sempurna untuk menurunkan tekanan darah. 

Memperbaiki mood lebih baik lagi dan membuat seseorang bahagia, Buah pisang lebih di kenal dengan memiliki kandungan triptofan yang sangat baik untuk memproduksi hormone serotonin. Hormone serotonin merupakan hormone yang  dapat mengatur suasana hati lebih baik lagi atau mood seseorang. Jumlah hormone serotonin yang diproduksi dengan banyak dapat membuat seseorang memiliki kondisi mood yang lebih baik. Oleh karena itu, jika anda sedang merasa kesal anda dapat mengonsumsi pisang dan mendapati diri anda kembali bahagia.

Baik untuk kesehatan mata, buah pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Meningkatkan kecerdasan otak, Buah pisang merupakan salah satu buah untuk meningkatkan kecerdasan otak. Sehingga buah pisang sangat cocok diberikan untuk makanan balita. Usia balita merupakan usia perkembangan otak yang paling penting. Oleh karena itu, berikanlah pisang untuk dikonsumsi bagi anak-anak yang membutuhkan perkembangan kecerdasan otak.

Morning sickness, Buah pisang sangat cocok untuk ibu hamil sebagai makanan cemilan. Ngemil pisang di antara waktu selingan makan membantu menjaga kadar gula darah dan menjauhkan ibu hamil dari morning sickness.

Itulah beberapa manfaat dari buah pisang dan masih banyak lagi manfaat lainnya, untuk merawat kesehatan jangan lupa untuk mengkonsumsi buah pisang. Untuk merawat kesehatan tubuh lebih baik dengan salah satu cara mengkonsumsi buah pisang sejak dini sebelum penyakit mengahampiri keluarga kita. Karena menjadi sehat dan bahagia itu murah.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buah Pisang Emang Manis, Jadilah Bermanfaat Seperti Pohon Pisang Yang Lebat Buahnya"

Post a Comment