Jomblo Kepoin Artinya Sakiinah, Mawaddah dan Warahmah

Jomblo memang haus ilmu dan patut di syukuri karena masih di berikan jalan hidup sehat dan menjadi orang yang sabar seperti halnya menanti jodoh. Diam-diam ternyata juga ikut andil jomblo kepoin artinya mawaddaah dan warahmah dalam suatu pernikahan. Tidak ada salahnya jika jomblo belajar mencari tau dan akan bermanfaat bagi jomblo suatu saat bila ketemu jodohnya. Bersabarlah karena jodoh itu pasti ada tapi tidak tau mana yang duluan antara maut duluan atau jodoh datang duluan.

Jomblo Kepoin Artinya Sakiinah, Mawaddah dan Warahmah


Karena jomblo juga pernah ikut menghadiri acara pernikahan saudaraku, kata orang-orang yang mendoakan kedua pasangan pengantin. Sambil berjabat tangan " semoga menjadi keluarga yang samawa". Semoga pernikahannya menjadi pernikahan yang abadi dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah….biasanya doa itu yang kita panjatkan untuk mempelai dalam sebuah pernikahan.


Pengertian umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah yakni damai, tenang dan tentram dalam rajut cinta dan kasih sayang nan sejuk dan abadi. Secara historis-filologis, kalimat hasil rangkaian tiga kata utama:

  1. Sakiinah artinya tenang, tentram
  2. Mawaddah artinya cinta, harapan
  3. Rahmah artinya kasih sayang


Dalam Tafsir Al Qurthubi, dikutip penjelasan Ibnu Abbas bahwa mawaddah adalah cintanya seorang suami kepada istrinya, sedangkan rahmah adalah kasih sayang suami kepada istrinya untuk tidak menimpakan sesuatu yang tak disukainya.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar Rum: 21)

Jadi, mawaddah adalah cinta yang timbul karena pertimbangan fisik atau materi. Karena istrinya adalah seorang wanita yang memiliki sesuatu yang menarik kemudian suami mencintainya, itulah mawaddah. Seseorang yang melihat istrinya kemudian timbul hasrat dan dengannya mereka saling bercinta, itulah mawaddah.

Sedangkan rahmah adalah cinta yang tidak mempertimbangkan fisik melainkan karena faktor non fisik; ruhiyah, akhlak dan sejenisnya. Rahmah inilah yang membuat pasangan suami istri tetap bersama meskipunsudah tua. Rahmah inilah yang membuat suami istri tetap setia meskipun tak bisa lagi saling bercinta. Rahmah inilah yang membuat suami istri tetap saling menyayangi meskipun tidurnya saling berpunggungan. Rahmah inilah yang menjelaskan mengapa kakek-kakek dan nenek-nenek tetap bersama dan saling menjaga.

Maka jika ingin keluarga kita abadi hingga maut memisahkan, dua sayap cinta mawaddah dan rahmah ini harus kita punya. Hubungan yang hanya didasari oleh mawaddah, ia hanya bisa bertahan beberapa tahun.

Karena itu, kedamaian dan kesejukan berumah tangga akan terbina dengan baik, harmonis serta penuh cinta kasih dan semangat berkorban bagi yang lain. Pada saat bersamaan jiwa dan ruh rahmah tersebut akan membingkainya dengan dekap kasih dan sapaan lembut sang Khalik.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jomblo Kepoin Artinya Sakiinah, Mawaddah dan Warahmah"

Post a Comment