Lagi Banyak Masalah Segera Selesaikan Masalahmu Dengan Amalan Ini Untuk Menggapai Surga Allah Ta'ala

Kita hidup di dunia sebbagai fitrah umat manusia tidak mudah luput dari suatu masalah atau problematika bahasa kerennya. Namun masalah itu bukan merupakan suatu halangan yang juga bisa sesegera mungkin kita selesaikan dengan cara yang baik dan hasil yang lebih bermanfaat. Siapa pun pasti punya masalah, banyak diantara mereka yang berjuang untuk menyelesaikan masalahnya dengan cara masing-masing, baik dengan jalan yang benar atau salah. Pendek kata, orang yang terlibat masalah akan berjuang untuk mementaskan diri dari masalah yang menjeratnya.


Lagi Banyak Masalah Segera Selesaikan Masalahmu Dengan Amalan Ini Untuk Menggapai Surga Allah Ta'ala. Rasulullah saw, memberi resep kepada umatnya untuk mengatasi berbagai masalah dengan berserah diri kepada Allah melalui jalan shalat. Saat beban hidup terasa berat, konflik kian tajam, hingga berbagai rintangan menghalangi jalan dakwah, shalat adalah solusinya. Beliau merasakan bahwa dengan shalat pertolongan Allah akan selalu hadir. Rasulullah saw, beserta sahabat dan orang-orang saleh telah membuktikan betapa manjurnya ibadah shalat sebagai sarana serta memohon pertolongan.



Mencari solusi, berhajat, baik dalam urusan dunia maupun akhirat adalah shalat

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang  yang khusyuk.” (Al-Baqarah: 45).

Shalat hakikatnya kebutuhan batin, sebagaimana makan yang menjadi kebutuhan jasmani. Jika kebutuhan dasar rohani ini tidak terpenuhi, jiwa kita akan layu. Untuk mendapatkan efek positifnya, baik secara jasmani maupun rohani, shalat yang di lakukan bukan sekadar asal dudur kewajiban, tapi penuh pentawajuhan, kesungguhan, serta kekusyukan. Karena itu Rasulullah saw. Tidak segan menasehati orang yang asal-asalan dalam shalat, dengan menjelaskan bahwa shalat yang tidak sempurna tersebut tidak bernilai di sisi Allah.

Jika shalat seseorang sudah mampu membuat jiwanya tenang dan tenteram, maka ia akan menjadi pribadi yang sabar, tangguh, optimis, dan tidak mudah putus asa. Ia merasa bahwa Allahlah sumber segalanya tempat bergantung dalam mewujudkan semua harapannya. Jika Allah menolong, segalanya akan menjadi mudah dan semua problematika hidup lambat laun akan terurai.

Bersedekahlah di waktu rezeki lapang maupun sempit

Allah SWT berfirman, “Bersegeralah kalian mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, di mana surga itu telah disediakan bagi orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan, Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali-Imran: 133).

Senantiasa menahan amarah demi kebaikan atas hidup yang berarti

Yang dimaksud mampu menahan amarah adalah orang yang memiliki alasan untuk marah, dan ia pantas untuk marah, namun karena ia takut pada murka Allah dan khawatir terhadap dampak dari kemarahannya, maka ia menahan amarahnya tersebut.

Dalam hadits riwayat Abu Hurairah disebutkan, “Orang yang kuat bukan orang yang menang dalam pertandingan. Orang yang kuat adalah orang yang bisa menahan amarahnya ketika ia sedang marah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Memaafkan kesalahan orang lain

Tanpa kesabaran, memaafkan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena memaafkan orang yang telah berbuat salah kepada kita, telah mendzalimi kita, sama saja dengan menghapus kesalahan orang itu, mengubahnya menjadi kebaikan, dan membalasnya dengan suatu yang istimewa, yaitu pemberian maaf.

Oleh sebab itu, pantas jika Allah kemudian memberikan ampunan-Nya dan menyediakan surga-Nya untuk orang-orang yang memiliki kelapangan dada seperti ini. Semoga kita dapan menjadi orang-orang yang dapat menggapai surganya. 

Berbaik sangka dan berpikir positif terhadap orang lain


Baik Sangka Tidak Akan Gagal. “Hai orang-orang yang beriman jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa.” (Al-Hujruraat: 120)

Kegagalan dalam hidup adalah bagian dari ketentuan Allah. Jika ketentuan ini tidak kita sikapi dengan benar, kita akan mudah berburuk sangka. Saat gagal atas apa yang kita impikan, kita akan mudah putus asa dan mungkin menganggap Tuhan tidak sayang hamba-Nya. Pikiran dan perasan semacam ini sulit untuk membuat kita bangkit dari keterpurukan. Dikutip [hikmah republika].
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lagi Banyak Masalah Segera Selesaikan Masalahmu Dengan Amalan Ini Untuk Menggapai Surga Allah Ta'ala"

Post a Comment