Langkah Yang Dilakukan Jomblo Untuk Bahagia Bersama Pasangan Untuk Mencapai Surganya Kelak

Jomblo punya visi misi dalam hidupnya dan lupakan orang yang sedang meremehkan statusmu itu.  Karena aku yakin bahwa jomblo juga ingin bahagia bersama pasangan untuk mencapai surga sang iLlahi. Pastinya jika kamu jomblo juga punya niatan untuk menikah dan memiliki calon pasangan yang baik agamanya serta cantik bagi yang ingin meminangnya.

Langkah Yang Dilakukan Jomblo Untuk Bahagia Bersama Pasangan Untuk Mencapai Surganya Kelak


Langkah Yang Dilakukan Jomblo Untuk Bahagia Bersama Pasangan Untuk Mencapai Surganya Kelak. Karena semua orang pun pasti tau dan ingin mendambakan rumah tangga yang damai dan terpancar di dalamnya nuansa Islam yang terwujud dengan jelas. Kita semua pasti mengidamkan suasana rumah yang jauh dari konflik maupun kesalahfahaman antara suami istri maupun antara orangtua dengan anak. Sudah jelas banyak realita dalam kehidupan yang terjadi, ternyata amat sangat sulit bila kita akan mencari rumah tangga yang tidak pernah ada konflik di dalamnya. Realita yang terjadi ternyata banyak rumah tangga yang memiliki konflik, sebenarnya bermula dari permasalahan yang sangat sepele.

Berniatlah Menikah atas dasar Islam yang benar

Islam memahami bahwa pertimbangan terjalinnya hubungan yang dilanjutkan ke jenjang pernikahan karena empat hal. Karena harta, status sosial, indahnya paras ataupun karena agama.

“Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, statusnya, kecantikannya dan agamanya. Maka pilihlah yang beragama, maka kamu akan peroleh keuntungan”

Islam menuntun kita supaya lebih mempertimbangkan agama. Karena sesungguhnya dengan pintu agama lah yang akan mempengaruhi seluruh gerak langkah seorang hamba. Karena sesungguhnya dengan lurusnya pemahaman agama seorang suami ataupun istri akan berpengaruh pada seluruh akhlaq dalam hidup.

Dengan akhlaq lah yang akan menjadikan pahitnya hidup menjadi semanis madu. Dengan akhlaq lah yang menjadikan beratnya ujian tak terasa. Sehingga ketenangan rumah tangga akan selalu terjaga karena di saat mendapatkan kemudahan dalam rizki menjadikannya banyak bersyukur dan bila mendapatkan ujian dalam hidup menjadikannya sebagai jalan untuk bersabar.

Memiliki tujuan hidup dan berjalan bersama

Sesungguhnya tujuan pernikahan yang tepat yaitu karena ingin mewujudkan sakinah, mawadah wa Rohmah dalam hidup ini. Adapun beberapa tujuan di atas hanyalah sebatas hikmah di balik pernikahan itu sendiri.


"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. "(Ar-Rum: 21)

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa sakinah adalah rasa condong terhadap pasangan yang menjadikannya tenang, mawaddah adalah rasa cinta sedangkan ar-rahmah adalah kasih sayang. Jadi pengertian umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah adalah suasana yang muncul dalam keluarga yang dibuktikan hadirnya rasa damai, tenang dan tentram dalam cinta dengan penuh kasih sayang.

Siap Untuk Memberi Pengertian dan Saling Melengkapi dengan penuh kasih sayang

Banyak dari kita yang memaknai saling pengertian berarti saling memahami pasangannya. Sesungguhnya ini baik tapi belum tentu benar. Yang dimaksud saling pengertian yaitu memiliki kesadaran saling membaca dan merasakan pasangannya sehingga tidak ada yang terjebak dalam dosa.

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan” (QS. At Tahrim: 6)


Memenuhi antara Hak dan Kewajiban

Seorang suami memiliki hak mendapatkan pelayanan sebaik-baiknya dari istri, pun demikian sebaliknya. Seorang suami memiliki hak menuntut istrinya untuk selalu terlihat cantik di hadapanya, sesungguhnya seorang istri pun memiliki hak untuk itu juga.

Namun yang membedakan antara suami dan istri adalah pada fungsi dan kedudukan. Secara agama fungsi suami atas istri sebagai pelengkap dalam urusan addin, agama, karena bagi wanita, pernikahan adalah setengah dari agamanya. Hal itu terjadi karena banyak urusan Addin yang tidak mungkin bisa dilakukan seorang muslimah sendirian. Secara kedudukan suami adalah sebagai pemimpin wanita, namun sesungguhnya keduanya memiliki keseimbangan hak dengan takaran kecerdasan yang menimbulkan sikap yang tepat dan nyaman (ma'ruf).

Saling menjaga kebersamaan satu sama lainnya

Di sinilah yang akan menjadi hiasan keluarga bak surga dunia. Munculnya rasa saling keterikatan dan ketergantungan antar pasangan hidup. Saling terikat, karena apapun yang ia lakukan dalam urusan keduniaan selalu menggunakan pertimbangan ridhonAlloh sebagai pondasi dasar, namun itu semua dibungkus dengan hiasan apapun yang disenangi oleh pasangan hidupnya. Saling tergantung karena munculnya keterbukaan dan bagi tugas dalam urusan dunia.

“Semoga Allah merahmati seorang suami yang bangun di malam hari, lalu ia shalat dan membangunkan isterinya. Jika isterinya tidak mau bangun ia percikkan air di wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang isteri yang bangun di malam hari lalu shalat, dan membangunkan suaminya, jika tidak mau bangun ia percikkan air di wajahnya.” ( HR Abu Daud dengan sanad shahih.) [voa-islam]
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Yang Dilakukan Jomblo Untuk Bahagia Bersama Pasangan Untuk Mencapai Surganya Kelak"

Post a Comment