Dalam Berbisnis Kita Perlu Tau Soal Untung Rugi Tapi Juga Jangan Lupakan Pahala dan Dosa

Sebagai manusia sejati fitrahnya mencari rezeki dan menggapai jannahNYA tentunya akan selamat mendapatkan keberkahan didalamnya. Boleh kita bermimpi sukses dan belajar dari orang-orang yang gagal dalam bisnis kemudian sukses mendapatkan untung agar kamu tau cara prosesnya. Kawan, engkau tak bisa belajar rahasia kehidupan dan keberhasilan dari buku dan kata orang, tapi dari pahit getir mencoba!

Mimpi itu murah, mendapatkannya mahal! Ide itu murah, merealisasikannya mahal! Kalau kamu tidak mengejar mimpimu, kamu akan dibayar orang untuk mengejar mimpi mereka. Jika tidak membangun mimpi sendiri, kita akan menghabiskan waktu membangun mimpi orang lain. Jika mengejar mimpi kita dan mimpi orang lain sama-sama bekerja, sama-sama lelah, lalu kenapa tidak memilih untuk membangun mimpi kita sendiri.

Copyryght Pexels


Dalam Berbisnis Kita Perlu Tau Soal Untung Rugi Tapi Juga Jangan Lupakan Pahala dan Dosa. Dalam bisnis, orang bekerja sama dengan kita karena mereka tahu kita (know), mereka suka kita (like), dan mereka percaya kita (trust). Oleh karena itu, orang yang baik, tulus, ikhlas dalam berbisnis akan menggoda banyak orang untuk bekerja sama dengannya. Your business is about you.Orang bisa meniru ide kita, orang bisa meniru cara kita, dan orang bisa meniru strategi kita, tapi tidak ada yang bisa meniru passion kita.



Agama Islam agama yang paling sempurna dalam segala hal. Diantara bukti kesempurnaan agama Islam dan rahmatnya bagi alam semesta, syariatnya menganjurkan kepada umatnya agar bekerja dan berbisnis dengan jalan yang benar dan menjauhi segala hal yang dilarang oleh Allah dan rasul-Nya. Karena tiada suatu perkara pun yang dilarang oleh Allah dan rasul-Nya melainkan perkara tersebut akan mendatangkan bencana dan mudharat bagi para pelakunya.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Tidaklah seseorang memperoleh suatu penghasilan yang lebih baik dari jerih payah tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahi dirinya, istrinya, anaknya dan pembantunya melainkan ia dihitung sebagai shodaqoh.” (HR. Ibnu Majah di dalam As-Sunan, Kitab At-Tijaroot Bab Al-Hatstsu ‘Ala Al-Makasibi, no.2129. al-Kanani berkata, ‘Sanadnya Hasan’, Lihat Mishbah Az-Zujajah III/5).

“Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya, apabila membeli tidak mencela, apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi di dalam Syu’abul Iman, Bab Hifzhu Al-Lisan IV/221).

“Penghasilan seseorang dari jerih payah tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR. Ahmad di dalam Al-Musnad no.16628)

Hendaknya seorang pengusaha membekali dirinya dengan bekal keimanan dan ilmu syar’i, khususnya yg berkaitan dengan fikih muamalah dan bisnis agar bisa menjadi pengusaha yang baik dan benar serta tidak terjerumus dalam hal-hal yang haram.

Baca juga: Ini Dia Kunci Sukses Buat Jomblo Berhasil Dalam Bisnis


Hendaknya seorang pengusaha menghiasi dirinya dengan akhlak islami yang mulia seperti jujur, pemurah, amanah, kasih sayang, dsb, sebagaimana yg diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dalam Berbisnis Kita Perlu Tau Soal Untung Rugi Tapi Juga Jangan Lupakan Pahala dan Dosa"

Post a Comment