Alasan Pengen Cepet Jadi Papa atau Mamah Muda Menikah Di Bulan Syawal Karena Manisnya Laksana Madu

Sejatinya Jomblo - Alasan mengapa bulan syawal musimnya banyak teman-teman atau sahabatmu segera menikah. Karena menikah itu bukan soal waktu kapan akadnya akan tetapi seberapa siapnya kamu dan pasangan untuk segera melangsungkan pernikahan sesuai sunah Rasul-nya. Ada sunnah di bulan Syawwal yaitu anjuran menikah di bulan Syawwal. Bagi yang sudah dimudahkan oleh Allah, bisa melaksanakan sunnah ini.

Alasan Pengen Cepet Jadi Papa atau Mamah Muda Menikah Di Bulan Syawal Karena Manisnya Laksana Madu


‘Aisyah radiallahu ‘anha istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan,

تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللهِ فِي شَوَّالٍ، وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ، فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللهِ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي؟، قَالَ: ((وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ تُدْخِلَ نِسَاءَهَا فِي شَوَّالٍ))

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

Sebab Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassalam menikahi ‘Aisyah di bulan Syawwal adalah untuk menepis anggapan bahwa menikah di bulan Syawwal adalah kesialan dan tidak membawa berkah. Ini adalah keyakinan dan aqidah Arab Jahiliyah. Ini tidak benar, karena yang menentukan beruntung atau rugi hanya Allah Ta’ala.


Hampir setiap bulan Syawal tiba angka pasangaan yang menggelar akad nikah di KUA selalu meningkat. Meski semua bulan juga baik untuk melangsungkan pernikahan, namun masih banyak warga yang mempercayai bahwa bulan Syawwal dan Rajab adalah bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan.

Sementara itu, menurut salah satu Nahdliyin, M Syaikul Ma'arif yang baru menikah di bulan Syawwal ini menyatakan, menikah di bulan Syawwal itu sangat baik. Karena Rasulullah di sebuah haditsnya menganjurkan untuk menikah di bulan Syawwal. Karena menurut Rasulullah, bulan Syawwal adalah salah satu bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan.

Alasan Pengen Cepet Jadi Papa atau Mamah Muda Menikah Di Bulan Syawal Karena Manisnya Laksana Madu. "Alasan saya pribadi menikah di bulan Syawwal, karena saya teringat ketika saat dulu waktu di pesantren ngaji kitab Qurrotul Uyun. Dalam kitab itu menerangkan bahwa, menikah di bulan Syawwal itu adalah langkah yang sangat tepat karena bulan Syawwal masih jauh dengan bulan suci Ramadhan. Jadi, yang namanya pengantin baru tentu masih sangat mesra, harmonis dan masih besar-besarnya syahwat. Sehingga kalau ingin berkumpul dengan sang pasangan, tidak dikhawatirkan melakukannya pada saat bulan Ramadhan atau bulan puasa," 

Baca Juga:



Ma'arif berharap, semoga para pengantin yang telah berniat baik untuk membangun sebuah rumah dilandasi dengan niat lillahita'ala (karena Allah) dan li'itbairasulillah (karena mengikuti sunnah Nabi). "Semoga para pengantin baru mendapatkan barokah, dijadikan pasangan dan keluarga yang Sakinah, Mawadah warahmah, serta dikaruniai putra dan putri yang Sholih/ Sholiha," doanya.{Nu.or.id}
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Pengen Cepet Jadi Papa atau Mamah Muda Menikah Di Bulan Syawal Karena Manisnya Laksana Madu"

Post a Comment