Jadilah Pribadi Jujur dan Terbuka Apa Adanya Bukan Seperti Ada Wajah Lain Di Balik Topeng Kehidupan

Sejatinya Jomblo - Ada banyak manusia yang ingin bertaubat kepada Allah swt, memperbaiki diri dan memantapkan hati untuk taat. Tetapi ketika dia mengingat dosa dimasa lalu, ketika orang-orang mengungkit keburukannya dimasa lalu, dia berputus asa, menyerah dan tidak bersemangat karena dia memandang dirinya sangat kotor dan penuh dengan dosa. Rasa berputus asa, mudah menyerah dan tidak bersemangat dalam bertaubat itu adalah cara setan untuk memalingkan kita dari jalan Allah swt, dari melaksanakan perintahNya dan dari berbuat kebaikan.


Muslimah Copyright Pexels


Allah Ta’ala berfirman :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللهِ إِنَّ اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah : “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu terputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS az-Zumar: 53).
.
Sungguh luas pengampunan Allah swt terhadap dosa-dosa hambaNya. Maka jangan tunda-tunda waktu untuk bertaubat memohon ampun kepada Allah swt, agar dosa-dosa yang diperbuat oleh kita di masa lalu diampuni oleh Allah swt. Manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, karena kematian tak kenal usia dan waktu.

Sahabat, Sampaikanlah Walau Hanya Satu Ayat

Jangan menunggu menjadi sempurna untuk menyampaikan ilmu agama.
Karena kesempurnaan hanya milik Allah semata.
.
Jangan menunggu tak berdosa untuk menyampaikan kebaikan.
Karena manusia tak ada yang luput dari dosa dan ke khilafan.
.
Jangan terus-terusan berpikir tak pantas membicarakan kebaikan.
Karena setiap manusia berhak menjadi lebih baik dan menyebarkan kebaikan.
.
Setidaknya, dengan kebaikan yang kita sampaikan, dengan ilmu agama yang yang kita bagikan walau hanya satu ayat, dapat menghindarkan kita dari menyampaikan keburukan. Dapat menjaga kita dari perkataan yang menjelekkan.
.
Jadi jangan ragu ya sahabat. Karena agama ini pun menuntun kita untuk saling menasehati dalam islam dan nikmat ketaatan. 

Jujur dan Terbuka Apa Adanya


Jadilah Pribadi Jujur dan Terbuka Apa Adanya Bukan Seperti Ada Wajah Lain Di Balik Topeng Kehidupan. Hal penting untuk membuat orang lain tertarik padamu adalah dengan jujur dan terbuka. Jujur dengan apa yang kamu rasakan akan membuat orang lain lebih nyaman saat dekat denganmu. Lakukan sebaik-baiknya agar orang lain lebih menghargai kamu.

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam..” [Bukhari no. 6018, Muslim no. 47]

“Sesungguhnya ada seseorang yang mengucapkan sebuah kalimat yang mana ia anggap biasa tetapi karenanya ia terjun selama 70 tahun ke dalam neraka” [HR Tirmidzin dan dia berkata shahih gharib]

Katakan dari Hati yang penting jangan sampai menyakiti orang lain

Apa yang kamu katakan dari hati adalah sebenarnya yang ingin kamu katakan. Jika kamu mampu berkata dari hati maka kamu ingin semua orang menilai kamu dengan apa adanya. Bicara dari hati adalah bicara dengan penuh kejujuran.

Berlaku Sopan Terhadap sesamanya

Ketika kamu bertemu dengan seseorang yang baru, maka berlakulah dengan sopan. Tidak perlu mencari tahu banyak hal dengan terus bertanya tentang banyak hal. Berlaku dengan sopan akan membuat orang lain merasa nyaman denganmu.

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS Az Zukhruf: 67)

“Seseorang itu tergantung agama teman dekatnya. Maka hendaknya salah seorang diantara kalian melihat dengan siapa berteman” [HR Abu Dawud dan Tirmidzi]

Menjadi Pendengar yang Baik

Ada baiknya saat akan berbagi cobalah untuk mendengarkan pendapat orang lain. Dengarkan pendapatnya, jangan hanya sibuk ingin didengarkan saja. Jaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan sosialmu agar semua berjalan dengan baik.

Menjadi Pendukung yang Baik bukan untuk berniat saling menjatuhkan

Menjadi pendukung tidak harus kamu terlibat satu hubungan yang serius dengan dia. Jadilah pendukung orang-orang yang membutuhkan dukungan dan memang. Berikan dukungan kepadanya, jika kamu tahu bahwa dukungan tersebut akan berakibat baik pada kehidupan dia dan masa depannya.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadilah Pribadi Jujur dan Terbuka Apa Adanya Bukan Seperti Ada Wajah Lain Di Balik Topeng Kehidupan"

Post a Comment