Sebagaimana Tulang Rusuk Dalam Islam Memaknai Dialah Wanita Yang Terjaga dan Terlindungi Serta Dihormati

Sejatinya Jomblo - Tiada kata - kata lain atas renungan bahwa wanita itu benar-benar tulang rusuk. Setiap manusia tak ada yang tidak memiliki kekurangan, tak ada yang sempurna. Jadi janganlah engkau merasa paling sempurna didunia ini. Sesungguhnya banyak manusia yang lebih sempurna darimu. Namun, berusahalah menjadi yang terbaik walaupun kita memiliki kekurangan baik fisik ataupun lainnya bagi semua orang.

Sebagaimana Tulang Rusuk Dalam Islam Memaknai Dialah Wanita Yang Terjaga dan Terlindungi Serta Dihormati


Sebagaimana Tulang Rusuk Dalam Islam Memaknai Dialah Wanita Yang Terjaga dan Terlindungi Serta Dihormati. Sering kita mendengar bahwa “wanita itu bengkok” seperti tulang rusuk. Tentu mungkin ada yang bertanya-tanya maksudnya apa? Apakah dia benar-benar diciptakan dari tulang rusuk nabi Adam? Atau sifatnya yang memang “bengkok” dan perlu diluruskan oleh laki-laki?

Memang benar terdapat beberapa hadis yang menjelaskan bahwa “wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.” (HR. Muslim)

Dan sabda beliau,

اسْتَوْصُوْا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ … -وَفِي رِوَايَةٍ- الْمَرْأَةُ كَالضِّلَعِ

“Berwasiatlah kalian dengan kebaikan kepada para wanita (para istri), karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk…” Dalam satu riwayat: “Wanita itu seperti tulang rusuk….” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Maksud tulang rusuk laki-laki yaitu tulang rusuk Nabi Adam ‘alaihissalaam, sebagaimana dalam Al-Quran. Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Q.S An-Nisaa: 1)

Jika melihat penjelasan ulama, maka makna bengkok adalah:

  1. Makna hakiki, yaitu benar tercipta dari tulang rusuk yang bengkok
  2. Makna yang menggambarkan sifat wanita, yaitu “kebengkokan” yang perlu diluruskan oleh suami mereka dan wali laki-laki mereka serta dijaga, karena memang wanita terkadang lebih mengutamakan perasaan daripada akal mereka


Karenanya suami selayaknya memaklumi kebengkokan wanita dan bersabar. Misalnya ketika sensitif datang bulan, maka selayaknya suami mengingat kebaikan-kebaikan istri yang merawat anak-anak dan bersabar di dalam rumah untuk suami. Demikian pula para istri, juga harus sadar bahwa terkadang dia bengkok dan mungkin sering menyusahkan suami, membentak suami dan kadang jarang bersyukur dengan kebaikan suami. Ingat juga bahwa kebanyakan penduduk neraka adalah wanita, karena seringnya mengingkari kebaikan suami.

Secantik apapun cewek itu, berpenampilan 
se s3ksi apapun cewek itu,se ideal apapun 
tubuh cewek itu, cowok pasti lebih memilih 
yang sederhana, berpenampilan sopan dan 
tertutup;"v namun tak banyak yang seperti itu ;") Intinyaa, 
Semanis apapun permen itu. Sebanyak apapun semut yg ngerubung. 
Pasti lu bakal milih yg masih pake plastik


Menjadi wanita muslimah merupakan kewajiban apabila harus berpakaian tertutup dan tidak menonjol bagian tubuhnya, terlebih di era seperti sekarang ini tuntutan lifestyle yang terlalu njlimet sebenarnya sehingga ada tiga model gaya yang sangat berbahaya bagi kaum wanita, penampilan atau mode yang membuat wanita muslimah diancam tidak akan mencium bau surga. 

Padahal bau surga dapat dicium dari jarak sekian dan sekian. Di antara penampilan yang diancam seperti itu adalah gaya wanita yang berpakaian namun tel4nj4ng. Yang kita saksikan saat ini, banyak wanita berjilbab atau berkerudung masih berpenampilan ketat dan s3ksi.

(Fatwa no. 20053, kitab Fatawa Al-Lajnah Ad-Da`imah lil Buhuts Al-Ilmiyyah wal Ifta`, 17/10)

Baca juga: Karena Yang Cantik Itu Manisnya Dari Hati Bisa Juga Itu Amanah Yang Harus Kamu Pelihara

Jadi Bangga Gitu Punya Banyak Mantan Berarti Laku Apa Murahan?

Berjuang Membangun Cinta Dalam Ikatan Halal Untuk Meraih JannahNYA
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebagaimana Tulang Rusuk Dalam Islam Memaknai Dialah Wanita Yang Terjaga dan Terlindungi Serta Dihormati"

Post a Comment