Ketika Jomblo Kepoin Kedasyatan Berpuasa di Bulan Syawal

SejatinyaJomblo - Berpuasa selama 6 hari pada bulan syawal dengan landasan hukum sunnah muakkad yang berarti sangat dianjurkan. Nah bagi yang bolong puasanya di bulan Ramadhan lalu alangkah baiknya ikut serta menjalankan puasa pada bulan syawal. Berpuasanya,  Bagi siapa saja yang berniat dan melakukan puasa Syawal maka pahalanya seperti puasa dalam satu tahun, Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.


Ketika Jomblo Kepoin Kedasyatan Berpuasa di Bulan Syawal

Ketika Jomblo Kepoin Kedasyatan Berpuasa di Bulan Syawal Bagaimana Niat dan Pelaksanaannya?, Salah satu faidah terpenting dalam pelaksanaan berpuasa enam hari bulan Syawal ini adalah menutupi kekurangan puasa wajib pada bulan Ramadhan. Sebab puasa yang kita lakukan pada bulan Ramadhan pasti tidak terlepas dari kekurangan atau dosa yang dapat mengurangi keutamaannya. Pada hari kiamat nanti akan diambil pahala puasa sunnat tersebut untuk menutupi kekurangan puasa wajib.

Ketika Jomblo Kepoin Kedasyatan Berpuasa di Bulan Syawal


Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh. (HR. Nasa'i)

Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh. (HR. Ibnu Khuzaimah)

Jangan Lupa Ya Niat Puasa Syawal


NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya :

Saya niat puasa sunnah enam hari di bulan Syawal karena Allah Ta'ala

Seperti yang dilansir muslim.or.id, Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Para fuqoha berkata bahwa yang lebih utama, enam hari di atas dilakukan setelah Idul Fithri (1 Syawal) secara langsung. Ini menunjukkan bersegera dalam melakukan kebaikan.” (Syarhul Mumti’, 6: 465).

Menurut Ustadz Arifin, paling tidak ada tujuh keutamaan puasa Syawal. 

Pertama, nilai puasanya menjadi sempurna, yakni puasa setahun penuh. 

Kedua, dicintai Allah dan meraih ampunan dosa seperti ditegaskan dalam Alquran Surah Ali Imron ayat 31,” ujar Arifin.

Ketiga, kata Arifin, meraih syafaat Rasulullah dan bersama beliau karena menghidupkan sunnah beliau. 

"Siapa yg menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga." (HR At Tirmidzi)

Keempat, Arifin menambahkan, puasa Syawal merupakan tanda jelas meningkatnya iman dan takwa seorang Muslim. “Karena itulah disebut ‘Syawwal’ yang artinya bulan peningkatan,” tutur Arifin.

Kelima, puasa Syawal adalah menutupi kekurangan selama puasa Ramadhan.

Keenam, di antara tanda ikhlas, gemar dengan amal sunnah, kalau wajib ya kewajiban tetapi kalau sunnah adalah kerelaan seorang hamba mengabdi kepada Allah,” ujarnya.

Ketujuh, puasa Syawal merupakan salah satu cara terbaik memupuk keimanan kepada Allah dan kecintaan kepada Nabi-Nya. “Puasa Syawal sangat ringan , hanya enam hari. Sebulan Ramadhan saja sanggup, apalagi dorongan cinta Allah dan Rasul-Nya (untuk melaksanakan puasa Syawal),” kata Arifin.


Beruasa Syawal adalah hamba Allah yang beriman yang cerdas itu adalah semua sunnah dihidupkan sebagai bekal di akhirat kelak. Jadi temen-temen sudah taukan keutamaan berpuasa selama 6 hari di bulan syawal dan jangan lupa sebarkan kepada sahabat tercinta.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketika Jomblo Kepoin Kedasyatan Berpuasa di Bulan Syawal"

Post a Comment