Bersabarlah Karena Semua Butuh Perjuangan Sebagai Pondasi Dasar Yang Kuat

SejatinyaJomblo - Apalah arti hidup jika untuk mendapatkan sesuatu pun dengan mudah. semua hal yang terjadi sesuai dengan kehendak sang ilahi. Meskipun kita tidak menginginkannya jika sudah kehendak tuhan maka semau itu akan terjadi pada kita. Yang bisa kita lalukan adalah menerima kenyataan dengan hati ikhlas dan selalu bersabar. Karena tidak ada sabar yang tak menyakitkan dan tak menyesakkan. Oleh sebab itu tetaplah bersabar karena semuanya butuh yang namanya perjuangan.


Di ibaratkan seperti mudik yang panjang, pastinya kita akan menjumpai sesuatu tempat, suasana yang unik bahkan menyenangkan pula. Perjalanan yang begitu panjang dalam menuju satu titik jenuh hingga masa kini. Tak ada orang yang bisa tanpa melalui sebuah pengalaman. Namun sebagai manusia sejati kita tentu pasti membutuhkan pengalaman-pengalaman, maka dari situlah berkali-kali mengajarkan arti sebuah kegagalan. 


Dari hal tersebutlah kita belajar akan sebuah proses untuk menggapai impian, disamping itu pula kita sangat membutuhkan mental dan kekuatan fisik agar dapar terus berjalan menapaki jalan setapak yang ada didunia ini. Jika hanya menasehati untuk tetap sabar itu gampang, tapi tidak bagi yang menjalaninya. Sedangkan yang menjalani merasa bahwa bersabar itu menyakitkan dan menyesakkan.

Karena bersabar itu tidaklah mudah, akan tetapi jika ingin mendapatkan kebahagian dan kehidupan yang baik. Maka yang bisa kita lakukan hanyalah tetap bersabar menjani semua yang tuhan tetapakan untuk kita. Hidup ini bukan hanya tentang kebahgaian. Ada sedih, bahagia dan terluka. Jika sabar itu tidak mudah bukan berarti kita tidak bisa berusaha agar tetap sabar dalam menjalani yang telah tuhan tetapkan. Jika sudah sadar bahwa tidak ada sabar yang tidak menyakitkan dan tidak ada sabar yang tidak menyesakkan maka jalan satu-satunya adalah tetap sabar.

Apapun itu butuh yang namanya perjuangan, apapun itu butuh yang namanya proses. Maka tetaplah bersabar karena kita hidup didunia ini butuh yang namanya perjuangan.



Bersabarlah Karena Semua Butuh Perjuangan Sebagai Pondasi Dasar Yang Kuat. Dan kunci dari kehidupan itu sendiri adalah kesabaran juga keikhlasan. Maka sesulit apapun hidup ini tetaplah bersabar hingga tuhan memberi kita kehidupan yang layak dan penuh kebahagiaan. Dan jangan pernah berhenti untuk tetap bersabar.


Pengertian Sabar Menurut Pandangan Islam


Kata sabar sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata sobaro yasbiru, yang artinya menahan. Sedangkan secara istilah, pengertian sabar adalah menahan diri dari segala sesuatu bentuk kesulitan, kesedihan atau menahan diri dalam menghadapi sesuatu yang tidak disukainya.


Disinilah akan tampak seberapa besar imanmu. Allah memberimu cobaan untuk menguji imanmu, apakah engkau akan sabar dengan cobaan tersebut ataukah akan marah dan berputus asa dengan cobaan itu.

Dari Ummu Al-Ala’, dia berkata :”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjenguk-ku tatkala aku sedang sakit, lalu beliau berkata. ‘Gembirakanlah wahai Ummu Al-Ala’. Sesungguhnya sakitnya orang Muslim itu membuat Allah menghilangkan kesalahan-kesalahan(dosa), sebagaimana api yang menghilangkan kotoran emas dan perak”.


Di dalam islam, ada tiga bentuk sabar, yaitu sabar dalam ketaatan kepada Allah misalnya puasa, zakat, haji. Sabar dalam menghadapi musibah misalnya kehilangan harta, berkurangnya rejeki, musibah banjir, dan bencana alam. Dan sabar dalam menjauhi perbuatan maksiat yang diharamkan Allah misalnya tidak berjudi, minuman keras, dan yang lainnya.


Setelah mengetahui tentang pengertian sabar yang telah disebutkan diatas, maka selanjutnya kita akan pelajari pandangan islam tentang sabar. Menurut islam Sabar itu ada berbagai macam, antara lain :

1. Sabar dalam melaksanakan semua perintah Allah SWT


Sabar dalam hal ini adalah dimaksudkan untuk menahan diri kita agar selalu istiqomah menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Kita harus tetap sabar dan ikhlas menjalankan itu semua, karena Allah sendiri telah menjanjikan syurga bagi semua hamba-Nya yang sabar dalam melaksanakan perintah-Nya sesuai syariat yang telah Allah SWT turunkan melalui Nabi Muhammad SAW. Seperti contohnya, sholat, zakat, puasa, haji, umrah dan lain-lain. Semua ibadah tersebut harus kita laksanakan dengan sabar.

2. Sabar dalam menjauhi semua larangan Allah SWT

Yang kedua adalah sabar dalam menjauhi larangan Allah SWT. Kategori sabar yang kedua ini tentunya lebih sulit dari yang pertama, Seorang muslim yang rajin beribadah dengan sabar pun belum pasti bisa menjauhi larangan Allah SWT. Karena memang Allah menciptakan hawa nafsu dan syaitan untuk selalu menggoda manusia agar mendekati larangan dan hingga akhirnya melakukan apa yang dilarang oleh Allah SWT. Naudzubillah.

Sahabatku.. Semua yang Allah larang, Semua yang telah diharamkan dalam Al Qur'an, pasti ada hikmahnya tersendiri. Hal ini sudah banyak yang dibuktikan dalam ilmu modern, Seperti hikmah larangan memakan babi, anjing dan lain sebagainya. Allah tidak melarang sesuatupun kecuali ada manfaat yang lebih besar dari itu. Oleh karena itu, Hendaklah kita selalu bersabar dalam menjauhi larangan Allah SWT.

3. Sabar dengan apa yang telah dituliskan Allah untuk kita

Sabar yang ketiga ini mungkin lebih berat dari sabar sebelumnya. Karena takdir adalah hak prerogatif Allah SWT. Suatu contoh, Jika kita ditakdirkan dengan kondisi fisik yang tidak sempurna, maka kita juga harus tetap bersabar. Jangan sekali-kali menuduh Allah tidak adil dan bijaksana. Seseorang bisa saja mampu untuk bersabar dalam ta'at pada Allah dan menjauhi laranganNya, Namun belum tentu seseorang tersebut akan tabah menghadapi takdir Allah yang lain dari harapannya.

Semoga kita mampu untuk selalu sabar dalam menjalankan perintahNya, menjauhi semua laranganNya, dan juga sabar terhadap yang ditakdirkan-Nya. Amiin.


Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bersabarlah Karena Semua Butuh Perjuangan Sebagai Pondasi Dasar Yang Kuat"

Post a Comment