Di Balik Ketegangan dan Kemegahan Akan Keindahan Pesona Masjid Al Aqsa Yarusalem

SejatinyaJomblo - Masjid Al Aqsa merupakan salah satu tempat yang memiliki makna religius terbesar di kota Yarusalem. Masjid Al-Aqsa, juga dikenal sebagai Al-Aqsa dan Bayt al-Muqaddas, adalah situs tersuci ketiga di dalam Islam Sunni dan terletak di Kota Tua Yerusalem. Baru-baru ini di kabarkan terjadi ketegangan dan kecaman yang sangat tidak bermanusiawi mengundang simpati dunia. Sebelumnya, penutupan Masjid Al Aqsa dipicu oleh tertembaknya dua tentara Israel hingga berbuntut tewasnya tiga penyerang tersebut. Usai penutupan, terjadi unjuk rasa yang berujung dengan penembakan Imam Masjid Al Aqsa, Sheikh Ikrima Sabri.


Akibat rangkaian insiden tersebut, Pemerintah Israel memblokade kawasan Masjid Al Aqsa. Mereka tidak mengizinkan umat Muslim beribadah di masjid suci tersebut dengan alasan keamanan. Tindakan Pemerintah Israel memicu protes dari negara-negara Islam. Global.liputan6.com mengatakan, Di Yordania terdapat ratusan ribu warga mengecam penutupan Masjid Al Aqsa serta penembakan terhadap Imam masjid tersebut. Tindakan Israel menutup Masjid Al Aqsa serta melarang umat Muslim salat Jumat di sana adalah yang pertama kali sejak 1969. Hal ini yang memicu kemarahan umat Islam di Yerusalem.

Adapun Di Balik Ketegangan dan Kemegahan Akan Keindahan Pesona Masjid Al Aqsa Yarusalem. Yuk kita simak beberapa fakta tentang Masjid Al Aqsa:

1. Masjid Sakral Bersejarah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW


Perjalanan ajaib Nabi Suci Muhammad (Sallallaahu Alayhi Wasallam) dari Makkah ke Masjid al Aqsa (al Isra) dan kenaikannya melalui langit (al Ma'araj) telah menghubungkan Yerusalem dengan hati dan pikiran umat Islam. Hal ini telah disebutkan didalam Alquran menyatakan:

Kemuliaan bagi Allah yang telah mengambil Hamba-Nya untuk perjalanan malam demi malam dari Masjidilharam (di Makkah) ke Al-Aqsa (di Yerusalem) yang di mana kita melakukan pemberkatan (al-Isra 17: 1)




Di dalam komplek Masjid Al Aqsa tersebut terdapat Dome of The Rock dengan kubah emas yang megah yang berhadapan dengan Masjid Al Aqsa. Dome of The Rock atau Kubah Batu dibangun pada masa Umayyah antara tahun 691 hingga 715 masehi.

Umat Islam meyakini di dalam Dome of The Rock terdapat batu yang menjadi pijakan Nabi Muhammad SAW ketika melakukan Isra Miraj. Dalam perjalanan spiritual itulah Rasulullah mendapat perintah untuk menjalankan salat oleh Allah SWT.

2. Kebajikan berdoa di Masjid al Aqsa Abu Darda [Ra] mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, Sebuah doa di Masjidilharam (di Makkah) bernilai 100.000 doa, sebuah doa di masjid saya (di Madinah) bernilai 1.000 dan sebuah doa di Yerusalem bernilai 500 doa lebih banyak daripada di sebuah masjid lainnya. (Bukhari)

3. Memiliki mimbar yang legendaris



Nooruddin Zengi, salah satu pahlawan ternama dalam Islam mempunyai mimbar khusus yang terletak di masjid Al-Aqsa. Tidak hanya indah, mimbar ini dibuat tanpa paku satu pun.

4. Memiliki Situs Sejarah dan Banyak Masjid

Masjidil Aqsa memang bukan satu-satunya masjid di kompleks ini. Masjid-masjid itu juga lekat dengan sejarah Islam. Selain Masjidil Aqsa ada pula Masjid Qibla, Masjid Al Sakhra alias Dome of the Rock, Masjid Buraq, Masjid Marwani, dan lainnya. Masjidil Aqsa terletak di sebelah selatan



Masjid Al Sakhra. Panjang bangunan sekitar 83 meter. Lebar 56 meter. Sekitar 5.000 orang mampu ditampung masjid ini. Jika ditambah dengan daerah sekeliling, luasnya sekitar 144.000 meter persegi. Muat untuk 400.000 jamaah. Kubah Masjidil Aqsa lebih gelap karena terbuat dari timah. Masjidil ini menurut hadis nabi dibangun 40 tahun setelah Kabah.



Mari Saudara-saudara muslimin seluruh dunia , mari kita berdoa untuk saudara-saudara muslim kita yang mengalami musibah diseluruh dunia , khususnya untuk saudara kita yang ada di palestina . Ini membuat kita begitu tertusuk.Mereka mempertaruhkan nyawa mereka demi menjaga warisa umat islam (Masjid Suci AL-AQSHA ) Masjid dimana ada di zaman Nabi Muhammad SAW. Tidaklah kita sadar bahwa mereka disana sebenarnya sedang mewakili kita melindungi tanah suci palestina
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Balik Ketegangan dan Kemegahan Akan Keindahan Pesona Masjid Al Aqsa Yarusalem"

Post a Comment