Apapun Makanannya Perbanyak Bersyukur Kurangi Mengeluh Karena Cinta Kita Hidup Di Dunia

SejatinyaJomblo - Bersyukurlah pada yang kuasa karena cinta kita hidup di dunia. Setelah mendengarkan lagunya nidji, dalam kehidupan kita sehari-hari terdapat dua hal yang sangat berbeda yakni memerhatikan adanya silih berganti dari siang dan malam. Dua hal tersebutlah yang menjelaskan bahwa kita hidup tentu pasti akan mengalami dua hal yang sama pula yaitu kesenangan dan kesusahan. Menurut pendapat atau nasihat beberapa orang, kalau hidup itu indah karena adanya perbedaan tersebut. Namun dari semua perbedaan itulah yang membuat kamu semakin kuat apabila saling menjaga satu keutuhan sama lainnya. Keindahan dan kebahagiaan akan terasa ringan bila saling menghormati dan menjaga satu kesatuan terhadap perbedaan

Apapun Makanannya Perbanyak Bersyukur Kurangi Mengeluh Karena Cinta Kita Hidup Di Dunia


Belajar bersyukur untuk mencoba merenungkan dari apa yang kita bayangkan, andai saja seseorang yang selalu merasakan kesenangan terus dalam hidupnya atau sebaliknya selalu merasakan kesusahan terus, tentu bukan sesuatu yang baik bukan? Ketika kita merasakan kesenangan, maka kita diharapkan untuk selalu ingat dimana kita dulu pun pasti pernah atau mengalami kesusah.  Karena orang yang sudah sukses pun tidaklah mudah, mereka itu orangnya tidak pernah takut untuk gagal. Sama seperti menanam sebuah pohon pun pasti kita menanam terlebih dahulu bijinya, kemudian merawatnya hingga memetik buahnya.

Sebaliknya, ketika kita merasakan kesusahan maka ingatlah bahwa suatu saat akan ada kesenangan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS Alam Nasyrah : 5-6)

Maka ketika kita dalam masa-masa sulit, selalu ingatlah kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al Baqarah : 152)

Bila kita untuk belajar bersyukur mencobalah untuk merenungi, maka ada banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita. Nikmat sehat kelima sempurna, sehingga kita bisa menggerakkan anggota badan kita untuk beraktivitas, ada nikmat harta sehingga kita bisa mencukupi semua kebutuhan hidup kita sehari-hari. Belum lagi nikmat terbesar yang Allah berikan yaitu nikmat Iman dan Islam. Apabila kita hitung-hitung, pasti kita tidak bisa akan menghitung atas nikmat yang Allah berikan.

Seperti yang di jelaskan oleh laman dorar.info, kita harus bersikap Qonaah artinya segala sesuatu agar merasa cukup karena rasa keikhlasan diri untuk menerima apa adanya. Adapun maksud bersikap Qanaah tersebut merupakan salah satu sikap yang baik untuk menjauhkan diri dari sikap yang merasa tidak puas terhadap apa yang telah dimiliki. Mau bersuka-rela menerima dengan apa adanya, bukan berarti kita itu bermalas-malasan ataupun tidak mau berusaha lebih giat lagi. Akan tetapi kita tetap harus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup yang lebih sehat dan bahagia tentunya.

Qanaah itu mengandung lima hal, yaitu :
  • Menerima dengan rela apa yang telah dimiliki.
  • Berusaha dan memohon kepada Allah untuk mendapatkan yang lebih baik.
  • Menerima dengan sabar dan ikhlas akan ketentuan Allah.
  • Bertawakal kepada Allah.

Contoh Perilaku Qanaah : 

  • Menerima dengan keikhlasan setiap rezeki yang telah diberikan Allah SWT.
  • Senantiasa selalu berpikir positif dalam menerima segala ujian dan cobaan, kegagalan dan karunia dari Allah.
  • Bekerja keras, berusaha dan selalu optimis.
  • Tidak berlebih-lebihan dalam artian tidak membelanjakan harta berlebihan.

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. An Nahl: 18)

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (Nikmat) kepadamu (Qs. Ibrahim:7 )

Apapun Makanannya Perbanyak Bersyukur Kurangi Mengeluh Karena Cinta Kita Hidup Di Dunia. Apabila kita telah mendapatkan salah satu nikmat dari Allah SWT, kita harus wajib mengusahakan untuk merawatnya agar tidak rusak. Hal ini seperti menjaga amanah dari Allah. Contohnya kita memiliki tubuh yang sehat kelimanya sempurna wajib menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Caranya tentu saja makan makanan yang halal dan baik.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apapun Makanannya Perbanyak Bersyukur Kurangi Mengeluh Karena Cinta Kita Hidup Di Dunia"

Post a Comment