Tetap Semangat Semut Menjalankan Kebaikan Mulailah Dari Hal Yang Terkecil

SejatinyaJomblo - Hi kawan, tahu kan tentang semut (Ant), iya semut adalah salah satu jenis hewan yang hidup di dunia lebih dari 10000 jenis atau spesies. Sungguh luar biasa atas populasinya dari semua perbedaan jenisnya kita dapat belajar darinya. Pada dasarnya memanglah kecil bentuknya tapi besar juga manfaatnya. Karena bentuk tubuhnya yang mungil dan lucu itu mereka tak kenal lelah membangun serta tetap semangat menjalankan atas segala aktivitasnya. Tahukah kamu semuat adalah hewan yang unik dan memiliki sifat sosial yang sangat tinggi karena setiap bertemu kawannya pun tetap saling menghargai serta menghormati satu sama lainnya.

Tetap Semangat Semut Menjalankan Kebaikan Mulailah Dari Hal Yang Terkecil


Tetap Semangat Semut Menjalankan Kebaikan Mulailah Dari Hal Yang Terkecil. Karena semut dengan memiliki ukuran memang sangatlah kecil diantara 2 mm sampai 7 mm. Nah yang paling terkenal adalah Semut Carpenter merupakan semut yang terbesar, dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 2 cm. Seekor semut mampu mengangkat beban dengan 20x lipat dari berat tubuhnya sendiri. Mereka tak pernah mengeluh sedikit pun tetap semangat memiliki rasa sosial tinggi dan sebagai pekerja yang rajin. Dan biasanya tidaklah lebih dari itu mereka punya segudang kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Semut Itu Hewan Cerdas

Pernah dengerkan cerita si kancil yang cerdik, namun semut pun tak kalah cerdasnya hewan ini mampu bekerja secara sosial, individual bahkan juga dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Tahukah kamu bahwa semut itu memiliki banyak juga sel otaknya terdiri dari sekitar 250.000 sel otak.

Semut Rajin Dan Pantang Menyerah



Semut juga salah satu hewan yang punya pemimpin anamanya seekor ratu semut, dimana sang ratu memiliki ukuran yang lebih besar dari pada ukuran semut biasanya. Semut juga memiliki tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Secara kaidah tugas utama sang ratu semut adalah memproduksi telur yang jumlahnya ratusan bahkan bisa mencapai ribuan. Semut jantan biasanya memiliki tubuh yang kecil, bertugas membuahi sang ratu dan akan mati setelah beberapa hari. Sementara semut pekerja bertugas untuk mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni. Sedangkan semut tentara berperan sebagai benteng keamanan bertugas menjaga sarangnya.

Semut Sebagai Pendengar Yang Baik

Semut juga punya alat indera pendengar yang baik. Sebenarnya semut tidak bisa mendengar, karena tidak memiliki telinga. Namun hewan ini mampu merasakan suara lewat getaran. Untuk mengenali suara disekelilingnya, semut mengandalkan satu sensor khusus pada lutut dan kaki. Walaupun tidak memiliki telinga mereka tetaplah patuh terhadap apa yang baik untuk mereka dengarkan.

"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari" (Qs.An Naml 18)

Nah dalam hal tersebut apalah artinya kita sebagai manusia yang lemah dengan memiliki segala akal sehat dan pendengaran yang baik dengarkanlah nasihat yang baik dan buanglah keburukan pada tempatnya. Jadi kita harus tau mana yang baik pantas untuk dikerjakan dan yang buruk pun patut kita tinggalkan.


Semut itu Dermawan



Masa sih kita kalah dengan semut. Iya kenapa? Karena Semut pada umumnya memiliki dua perut, satu digunakan untuk mengolah makanan untuk tubuhnya dan yang lain digunakan untuk berbagi makanan dengan semut lainnya di koloni. Sungguh mulia dan berkah sekali hidupnya.

Berapakah Umur Semut?

Sementara ratu semut bisa hidup sampai 20 tahun, semut pekerja hanya mampu bertahan hidup sekitar 45-60 hari. Dan jika ratu mati, maka dalam beberapa bulan koloni semut tersebut akan musnah. Karna itu kita dapat mengambil suatu pelajaran dari mereka, karena hidup didunia ini hanya sementara. Bahwa atas segala rahmat yang Maha Esa bahwa benar adanya. Bila mana Semut adalah hewan yang di berikan karunia oleh Allah untuk dapat berbicara dengan nabi Sulaiman As. Keberadaan semut juga sudah ada sejak dahulu, sifat yang dimiliki semut adalah pekerja keras dan gotong royong.

Inilah yang seharusnya dijadikan pelajaran untuk kita sebagai manusia sejati, Allah juga sengaja membiarkan semut hidup dan berkembang biak di tengah-tengah kehidupan manusia, dikarena supaya manusia bisa mengambil pelajaran yang telah Allah berikan kepada semut.

Pernahkah kamu memperhatikan, jika setiap semut berpapasan dengan semut lainnya maka apa yang mereka lakukan, mereka (bersalaman), hal lain yang dapat kamu ambil pelajaran dari seekor semut adalah pantang menyerah.

Coba saja iseng-iseng kita menghalangi jalannya semut dengan benda, seperti pensil misalnya, semut tersebut tidak akan berbail arah melainkan mencari jalan agar tetap berjalan kedepan, biasaya menaiki pensil tersebut atau mencari jalan yang tidak terhalangi oleh pensil. Sungguh luar biasa. Wallaualam..
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tetap Semangat Semut Menjalankan Kebaikan Mulailah Dari Hal Yang Terkecil"

Post a Comment