Dibalik Warna Putih Kembang-Kembang Turi Punya Manfaat Istimewa

Sejatinya Jomblo - Kembang turi seringkali kita jumpai di area lingkungan sekitar seperti halnya ladang dan area persawahan. Dengan istilah lain yakni pohon turi yang seringkali tumbuh berkembang tinggi menjulang ternyata bunga dan daunnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bunga dan yang memiliki varian warna merah, ungu serta terutama berwarna putih seringkali dijadikan sebagai lalapan atau bahan sayuran. Mungkin saja didaerah lain dengan nama yang berbeda, tahukah anda bunga turi bisa di konsumsi sebagai sumber serat pangan yang sangat baik bagi tubuh. Bunga turi yang seringkali dijumpai adalah berwarna putih, dikenal dengan nama Latin sesbania grandiflora ini banyak ditanam oleh petani.


Pohon turi dengan nama lain Sesbania grandiflora (Wikipedia), merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh berkembang pada musim penghujan dan memiliki ketinggian sekitar 5 sampai 10 meter. Dengan demikian pohon turi bisa bermanfaat seperti digunakan sebagai tanaman hias dan berkhasiat untuk tanaman obat. Seperti yang dilansir Ncbi, mengandung kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, serta kalsium).


Selain itu juga menurut lansiran laman Healthbenefitstimes, telah menjelaskan bahwa terdapat berbagai jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, serta betakaroten), saponin, tanin glikoside, perioksidase vitamin A serta vitamin B. Sementara itu bunga turi yang putih mengandung kadar protein sebanyak 40,62 persen. Lalu apa dibalik warna kembang turi putih yang memiliki manfaat istimewa?




Kembang-Kembang Turi Baik Untuk Kulit


Kembang turi mengandung Vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu juga dilengkapi dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A serta vitamin B yang mempunyai manfaat untuk melembutkan kulit dan dilengkapi dengan antioksidan penyejuk kulit.


Mengobati Sakit Tenggorokan


Kembang turi dapat mengobati salah satu penyakit seperti sakit tenggorokan, caranya cukup mudah dengan menggunakan daunnya untuk segenggam daun turi dan dengan cara ditumbuk atau remas di dimasukan ke dalam segelas air matang, Gunakan air tersebut untuk berkumur. Ulangi secara teratur hingga sembuh.

Dapat Memperlancar ASI


Kembang turi juga seringkali banyak dikonsumsi kalangan petani pedesaan terutama bagi Ibu yang sedang menyusui. Karena ASI memang sangat penting untuk itu nutrisi penting seperti berbagai Vitamin B dan Fosfor ada di bunga turi tersebut. Caranya dengan menggunakan bunga turi putih atau daun turi muda yang dijadikan lalap lalu dimakan seperti makan lalapan biasa.

Mengobati Sakit Kepala

Keistimewaan bunga turi yang berwarna putih sangat bermanfaat bagi Ibu yang sedang menyusui. Cukup menyiapkan beberapa lembar daun dan bunga turi kemudian tumbuk sampai halus serta tambah setengah gelas air matang, saring dan minum airnya. Selain itu juga anda bisa menambahkan sebagai lalapan dan pelengkapan masakan.


Kembang-Kembang turi juga memiliki makna tersendiri dari keistimewaannya selain sangat bermanfaat bagi kesehatan juga sebagai sumber energi. Untuk itu perlu kita mengingatkan segala sesuatu senantiasa untuk selalu bersyukur.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dibalik Warna Putih Kembang-Kembang Turi Punya Manfaat Istimewa"

Post a Comment