Zaitun Buah Surga Berbagai Manfaat Sehat Lagi Diberkahi

SejatinyaJomblo - Tumbuhan hijau yang unik daunnya dengan lebat buahnya yakni buah zaitun. Dari buah tersebut yang akan dibahas kali ini mengenai pembahasan dari ekstrasi sebagai minyak yang bermanfaat dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Buah zaitun diekstrasi sebagai minyak esensial yang sangat bermanfaat untuk mengobati segala macam penyakit. Buah zaitun memiliki ciri khas tersendiri dengan bentuk buah yang mungil berwarna ada yang kunging, hijau muda lagi cerah hingga berubah warna ungu gelap bahkan menjadi warna hitam. Buah zaitun bentuknya cukup mungil dengan memiliki sedikit rasa pahit, untuk menghilangkannya bisa dilakukan fermentasi terlabih dahulu. Tahukah kamu tanaman zaitun merupakan yang mudah sensitif dan perlu berhati-hati harus benar-benar merawatnya.


Tanaman Zaitun dapat tumbuh subur di berbagai negara seperti Italia, Spanyol, Perancis, Yunani dan juga Amerika Serikat. Tanaman dan buah zaitun tersebut seringkali digunakan untuk sumber energi bermanfaat untuk kesehatan terutama ektrak minyak esensialnya (Extrak-Virgin). Bilamana minyak zaitun yang sudah diekstrak harganya pun cukup mahal namun bagi banyak orang atau bahkan penggemar memang minyak tersebut banyak diminati karena dengan memiliki aroma yang khas dan rasanya yang biasa digunakan sebagai minyak untuk memasak, bahkan ada pula sebagai minyak favorite pelengkap hidangan seperti salad.

Minyak Zaitun/Pexels


Dalam hadis riwayat Ahmad dan Tirmidzi, Rasululah bersabda, ”Makanlah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi.”

Lalu bagaimana jika dibahas dengan berbagai manfaat dari segi kesehatan yang dapat mengobati berbagai penyakit? Seperti yang dilansir dari Healthline, jika satu sendok teh saja diperkaya dalam minyak esensial dari ekstrak zaitun juga mengandung zat besi, kalsium, dan kalium.



1. Meningkatkan Imun dan Mencegah Penyakit Jantung

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak esensial yang kaya akan polyphenol yang berperan aktif sebagai antioksidan, omega-6, dan omega-3. Kandungan ini membantu mencegah jantung koroner, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, memperkuat imunitas, dan menunda penuaan.


2. Mencegah Kanker dan Menyehatkan Kulit

Minyak zaitun merupakan minyak tak jenuh tunggal dan diperkaya dengan zat antioksidan beserta vitamin C dan E yang sangat baik Untuk menjaga Kesehatan kulit. Apabila anda suka mengonsumsi minyak zaitun satu sendok makan setiap hari mampu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Sebuah studi menyebutkan, dengan mengoleskan minyak zaitun pada anggota badan tubuh tertentu setelah berenang dan terkena sinar matahari, seseorang yang dapat mencegah keriput dan dapat melembabkan kulit.


3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Minyak zaitun dalam berbagai manfaat kesehatannya telah terbukti secara medis mampu menurunkan kadar kolesterol yang berbahaya dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Selain itu juga minyak zaitun bila dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam suatu hidangan dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker serta serangan jantung koroner. Satu sendok minyak zaitun saja didalamnya mengandung antioksidan dan vitamin E serta polifenol yang mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Salah satu zat Polifenol inilah dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apabila anda dapat menyiapkan satu sendok teh saja lalu mengonsumsi minyak zaitun dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan tensi darah atau disebut dengan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mencerahkan Agar Bibir Cantik Menawan

Dalam riset penelitian telah menegaskan bahwa minyak zaitun dapat dioleskan ke bibir secara merata sebagai pelembut dan lip gloss untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu minyak zaitun dilengkapi dengan zat antioksidan, Vitamin C dan E juga bermanfaat untuk melembutkan kulit yang kering dan kasar sepeti siku dan tumit.

Memang banyak sekali dari berbagai manfaat minyak zaitun lagi sehat juga diberkahi. Selain itu kita semua disarankan untuk menjaga dan melestarikan dan menjadikan satu tanaman untuk sumber energi yang baik.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zaitun Buah Surga Berbagai Manfaat Sehat Lagi Diberkahi"

Post a Comment