Akibat Dari Bahayanya Sifat Munafik Yang Harus Disadari

SejatinyaJomblo - Bulan Ramadhan sudah memasuki akhir dan akan menjumpai hari raya Idul Fitri untuk menuju kemenangan kurang lebihnya seminggu lagi. Menjalankan ibadah puasa sebagaimana baiknya untuk menahan diri dari godaan makanan yang seringkali menggoda iman. Disamping itu juga pada bulan Ramadhan kita disarankan untuk lebih rajin lagi seperti sekarang ini untuk lebih giat belajar lagi dalam meningkatkan ibadah mampu menjaga hati, lisan dan tindakan perbuatan negatif. Apalagi hingga saat ini kabar hoaks yang harus segera diatasi dan dihindari, oleh karena itu dapat menimbulkan perpecahan dan merusak media sosial bangsa dan negara.



Seperti yang dilansir Islampos, akibat dari bahaya sifat munafik apabila depan kita mereka mengaku pembela kebenaran dan keadilan, pejuang hak asasi manusia, dan sebagaimana yang sudah berdemokrasi. Masalah orang munafik pangkalnya ada pada penyakit hati, Akan tetapi faktanya kan menjadikan sebuah penghalang kebenaran jika terjadi sebuah pelanggar pada suatu hak asasi manusia, dan penghambat demokrasi. Memang setiap orang dibekali dengan kesetimbangan sifat dan karakter yang berbeda. Namun juga ada beberapa hal dan dapat dipelajari dari sifat seseorang bahwa kita dianjurkan untuk tetap saling menghormati dan menghargai untuk sesama seperti belajar nilai dan norma yang ada di masyarakat. Oleh karena itu sebagai makhluk sosial tentu tidak luput dari suatu pandangan sudut yang berbeda.


Salah satu tanda yang bisa dibaca dari hadits Nabi Muhammad SAW, hadis yang cukup populer tersebut. Beliau bersabda, "Tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati". (HR Al-Bukhari-Muslim)



Ilustrasi Dari Bahaya Sifat Munafik/Pexels



Dalam beberapa kisah yang dapat dikutip sumber lainnya,  juga telah menjelaskan bahwa apabila seorang atau dari mereka juga seringkali mengaku sebagai penolong kaum lemah, namun ternyata ternyata mereka adalah penipu (pengkhianat) rakyat dan zhalim terhadap kaum lemah. Maka dari itulah suatu kesombongan dan kemunafikan mereka. Semoga senantiasa kita sebagaimana manusia sejati jangan ditiru jika itu menjadi salah satu perbuatan negatif.

Jika Berbicara Maka Ia Berdusta


Berkata jujur akan jadi lebih baik bukan pula seperti hoak yang terjadi di lingkungan khalayak umum. Maka dari itu tidak sama sekali tidak dianjurkan karena hanya akan merugikan yang memang harus dihindari. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi.


Jika Berjanji Maka Ia Mengingkari


Adapun ciri-ciri dari orang munafik maka benar-benar tak memiliki jika dalam berbicaranya yang bisa dipegang. Meskipun dengan demikian jika salah seorang dari mereka akan terlalu banyak beralasan dan banyak pula oleh suatu hal yang akan menimbulkan perbuatan negatif termasuk fitnah yang akan membuang waktu saja, mereka juga akan tetap menginkari janji mereka. Dengan hal ini juga merupakan suatu perbuatan tercela dan berdosa besar.

Jika Dipercaya Maka Ia Berkhianat


Begitu pula jika salah seseorang tiada sesuatu hal pun dari mereka yang dapat dipercaya dan dipegang kata-katanya. Semua pembicaraan mereka adalah dusta belaka, semua janji mereka pasti diingkari, dan ketika mereka dipercaya, mereka akan dengan mudah berkhianat. Maka dari itu kita perlu untuk menghindari suatu hal negatif dan akan menimbulkan kerugian yang besar. Dan jadilah manusia sejati sebagai tanpa alasan untuk berbuat kebaikan sebagai umat muslim yang baik dan lebih produktif saling sapa terhadap sesama.
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Dari Bahayanya Sifat Munafik Yang Harus Disadari"

Post a Comment