Manfaat Lebih Dari Gula Cair Singkong Yang Juga Manis

Sejatinya Jomblo - Singkong kini kian banyak dibicarakan dan cukup populer karena sebagai sumber energi yang juga bisa dijadikan sebagai gula alami yang sehat. Gula sehat alami yakni dari gula cair singkong mungkin salah satu dari anda sudah mengenalnya. Disisi lain gula dengan memiliki rasa manis sebagai bahan tambahan minuman maupun makanan tentunya yang disukai. Berbeda dengan gula cair singkong yakni terbuat dari beberapa proses pengendapan pati, kemudian memalui proses yang dibuat melalui dua tahap utama yaitu likuifikasi dan sakarifikasi. Dari kedua tahap melalui proses lukuifikasi dan sakarifikasi untuk mendapatkan glukosan dapat dilakukan dengan dua teknik  yaitu secara asam dan secara enzimatis. Secara umum dalam proses pembuatan gula cair singkong dengan mutu yang baik maka dilakukan melalui beberapa tahapan dan diantaranya melalui proses pemucatan, penyaringan dan penguapan.

 Ilustrasi Singkong


Gula cair singkong juga sebagai pemanis alami sama halnya dengan gula tebu. Namun dengan demikian berbeda dengan gula cair singkong, merupakan jenis gula yang rendah kalori. Dari sisi medis dan manfaat kesehatan banyak dari pakar lainnya telah menyebutkan manfaat lebih dari gula cair singkong bagi penderita diabetes karena sangat cocok untuk pengganti gula biasa. Tidak hanya itu juga gula cair singkong memang banyak manfaat untuk kesehatan yng juga dengan rasa manisnya sangat baik untuk ibu hamil juga. Oleh karena itu pula tanpa disadari singkong rebus atau pun goreng yang kita makan mengandung gula alami yang sangat baik untuk kesehatan. Lalu apa manfaat lebih lainnya dari gula cair singkong?


Sumber Energi


Tentunya sangat jelas singkong dari 100gr saja mengandung banyak vitamin dan karbohidrat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Selain sebagai sumber energi yang baik pula memiliki jumlah kalori yang sama yaitu 4 kalori/gram. Gula cair singkong sebagai alternatif dari gula tebu yang juga baik untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah yaitu 106 kkal/100 g sedangkan gula pasir memiliki kandungan 364 kkal/100 mg. Selain rasa gula cair singkong kaya serat yang juga manis, 

Ilustrasi Gula Cair Singkong/Pixabay


Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.  Dengan demikian, kandungan serat dalam singkong dapat mencegah timbulnya masalah pencernaan. Selain itu dengan memiliki kandungan sehat lainnya seperti tembaga, vitamin B6, zat besi, kalsium, potasium, dan mangaan. Dengan demikian, kandungan serat dalam singkong dapat mencegah timbulnya masalah pencernaan


Mencegah Gangguan Sesak Napas


Singkong yang diolah sebagai gula cari memang banyak sekali manfaatnya, selain sebagai sumber energi yang juga baik untuk mencegah masalah kesehatan seperti gangguan napas. Secara umum seperti yang dilansir healthyeating.sfgate.com dan dipaparkan oleh Kansas State University pada tahun 2003, dan dipublikasikan di The American Society for Nutritional Sciences, ditemukan hubungan antara kekurangan vitamin A dan emphysema (infeksi paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernafas).

Baik Untuk Sistem Pencernaan


Gula cari singkong mengandung rasa manis alami yang membuatnya sangat baik untuk sistem pencernaan, yang dapat mencegah masalah kesehatan seperti salah satu penyebabnya adalah sakit perut dan sembelit. Tahukah kamu singkong mengandung 112 kalori, bebas lemak dan bebas kolesterol, serta rendah sodium.


Mengobati Diare


Bagi pecinta singkong tentunya singkong juga harus dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi. Jika Anda menderita diare, rebusan singkong selama satu jam untuk membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan masalah perut dan mengurangi gejala diare. Selain itu juga manfaat lain dari singkong untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu disarankan menu harian singkong dan gula cairnya sebagai sumber energi pangan yang baik untuk mempertahankan nilai gizi yang seimbang.

#Growaction
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Lebih Dari Gula Cair Singkong Yang Juga Manis"

Post a Comment