Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Sejatinya Jomblo - Kabar mengenai gerhana matahari cincin sebelumnya sudah diprediksi pada bulan desember. Bertepatan mengenai kabar informasi fenomena langka yang akan disaksikan oleh seluruh khalayak umum. Gerhana matahari cincin yang terjadi karena fenomena yang terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari. Saat bulan desember ini ada beberapa kota di seluruh Indonesia untuk menyaksikan gerhana matahari cincin yakni pada Kamis (26/12/2019). Ketujuh daerah itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Gerhana Matahari Cincin
Ilustrasi Gerhana Matahari/Unsplash


Berdasarkan informasi seperti yang dilansir kemenag.go.id, fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi dari alam itu akan berlangsung usai Hari Raya Natal 2019, tepatnya pada Kamis, 26 Desember 2019. Menurut informasi berkelanjutannya, salah seorang Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Tarmizi mengatakan umat Islam bisa melaksanakan salat sunah tersebut selama gerhana berlangsung. Seperti kabar informasi yang dapat diketahui, gerhana matahari cincin diperkirakan berlangsung pada pukul 10:34 WIB hingga 14.00 WIB. Gerhana mencapai puncak pada 12.17 WIB.

Tata Cara Salat Gerhana

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin/Unsplash
  1. Berniat di dalam hati
  2. Takbiratul ihram seperti salat biasa
  3. Membaca do’a iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat yang panjang dengan di-jahr-kan (perdengarkan) suaranya.
  4. Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya
  5. Bangkit dari ruku’ (i’tidal)
  6. Setelah I’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang (berdiri yang kedua lebih singkat dari pertama).
  7. Ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya
  8. Bangkit dari ruku’ (i’tidal)
  9. Sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali
  10. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama (bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya)
  11. Tasyahud
  12. Salam.



Bagi sahabat Sejatinyajomblo, ada nasihat penting untuk himbauan yang akan melaksanakan shalat sunah gerhana matahari cincin. "Setelah melaksanakan shalat yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdo’a, beristighfar, sedekah, dan selalu untuk melakukan perbuatan yang baik”.


Source: Kemenag, Tribunnews
Advertisment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019"

Post a Comment